Wednesday, September 11, 2024

Thought for the Day - 4th September 2024 (Wednesday)

Embodiments of the Divine Atma! From ancient times, the questions, "Where is God?" and "How does He appear?" have been agitating the minds of people. The answers have been sought by different ways of investigation. The believers, non-believers, those with doubts and others have not been able to get clear answers to these questions. To comprehend the truth, one should look within oneself. This cannot be learnt from textbooks or from teachers. Chaitanya (Consciousness) is there in the mind and pervades everywhere. The power of vision in the eye and of taste in the tongue is derived from this Chaitanya. People are using the sense organs but do not know the source of the power which activates them. Chaitanya cannot be comprehended by the physical vision. It is within everyone in very close proximity. People undertake external exercises and spiritual practices in vain to find it. The entire Creation is a manifestation of the Divine Will. Prakriti (Nature) is the manifestation of God. Man is also part of Prakriti and thus has the Divine power in him.


- Wejangan Bhagavan, Sep 19, 1993.

To experience the Divinity within, one has to see the Divine in all others and render them service in that spirit.


Perwujudan dari Atma ilahi! Dari sejak jaman dahulu kala, pertanyaan terkait, "Dimana Tuhan berada?" dan "Bagaimana Tuhan hadir?" telah mengganggu pikiran manusia. Jawaban dari pertanyaan ini telah dicari dengan berbagai cara penyelidikan. Golongan yang meyakini, golongan yang tidak meyakini, golongan mereka yang ragu dan yang lainnya tidak mampu mendapatkan jawaban yang jelas terkait pertanyaan-pertanyaan ini. Untuk memahami kebenaran, seseorang harus melihat ke dalam diri mereka sendiri. Hal ini tidak bisa dipelajari dari buku atau dari guru. Chaitanya (kesadaran) ada di dalam pikiran dan meresapi segalanya. Kekuatan pandangan yang ada pada mata dan rasa yang ada pada lidah adalah berasal dari Chaitanya ini. Manusia sedang menggunakan organ-organ Indera namun tidak mengetahui sumber dari kekuatan yang mengaktifkan semuanya ini. Chaitanya tidak bisa dipahami dengan pandangan fisik. Kesadaran ini ada di dalam diri setiap orang dalam kedekatan yang sangat dekat. Manusia melakukan praktek eksternal dan spiritual secara sia-sia untuk menemukan kesadaran ini. Seluruh ciptaan adalah sebuah manifestasi dari kehendak Tuhan. Prakriti (alam) adalah manifestasi dari Tuhan. Manusia adalah juga bagian dari Prakriti dan oleh karena itu memiliki kekuatan Tuhan di dalam dirinya.


- Wejangan Bhagavan, 19 September 1993.

Untuk mengalami keilahian di dalam diri, seseorang harus melihat Tuhan dalam diri orang lain dan memberikan pelayanan dengan kesadaran itu.

No comments: