Sunday, September 1, 2024

Thought for the Day - 27th August 2024 (Tuesday)

Thirst for Krishna, His flute, for seeing Him, hearing Him, for installing Him in the heart, in the mind, for grasping His Reality through the intellect - this thirst is the healthiest, the most conducive to peace. Devotion to Krishna is the chain by which the monkey mind can be fastened and subdued. Transmute all the desire with which the senses torment you into the thirst for Krishna and you are saved. Krishna draws the mind away from sensory desires. He pulls the mind towards him and thus they are pulled away from everything else, for everything else is inferior, less valuable! He satisfies the deepest thirst of man, for peace, joy and wisdom. When Krishna-trishna is quenched, the highest bliss is attained; there is no more need, want, defect or decline. The urge to drink inferior drinks that only feed thirst disappears once the sweetness of Krishna Nama and Krishna Bhava (name and thought of Krishna) are tasted. Sense objects are like seawater that can never allay thirst.


- Wejangan Bhagavan, Vol 06, Ch 24.

The thirst for Krishna is a sign of health in the spiritual field. Not to have it is a sign of Bhava Roga (disease of worldliness).


Rasa haus pada Krishna, alunan seruling-Nya, untuk bisa mendapatkan darshan-Nya, mendengarkan-Nya, untuk menempatkan Krishna di dalam hati, dalam pikiran, untuk dapat memahami kenyataan sejati dari Krishna melalui kecerdasan – rasa haus ini adalah yang paling menyehatkan dan paling baik untuk kedamaian. Rasa bhakti pada Krishna adalah rantai yang dipakai untuk mengikat dan menundukkan monyet pikiran. Ubahlah semua keinginan indera yang menyiksamu menjadi rasa haus pada Krishna dan engkau akan diselamatkan. Krishna menarik pikiran menjauh dari keinginan indera. Krishna menarik pikiran kearah-Nya maka dari itu pikiran ditarik menjauh dari segala yang lainnya, karena segala sesuatu yang lainnya adalah bersifat lebih rendahan, kurang bernilai! Krishna memuaskan dahaga yang paling mendalam dari manusia yaitu untuk mendapatkan kedamaian, suka cita dan kebijaksanaan. Ketika Krishna-trishna dipenuhi, kebahagiaan tertinggi akan dicapai; maka tidak akan ada lagi kebutuhan, keinginan, kelemahan atau kemunduran. Dorongan untuk minum minuman rendahan yang hanya untuk menghilangkan dahaga menjadi lenyap ketika rasa manis dari Nama Krishna dan Krishna Bhava (nama dan pikiran tentang Krishna) dirasakan. Objek-objek Indera adalah seperti air laut yang tidak pernah bisa menghilangkan rasa haus.


- Wejangan Bhagavan, Vol 06, Ch 24.

Rasa haus pada Krishna adalah tanda Kesehatan dalam bidang spiritual. Tidak memilikinya adalah tanda dari Bhava Roga (penyakit keduniawian).


No comments: