Our Upanishads teach us the paths of karma, upasana, and jnana yogas. The essence of karma yoga (path of action) is to perform all actions with dedication as an offering to the Lord, for His pleasure. Upasana yoga (path of worship) is loving God wholeheartedly with harmony and purity in thought, word, and deed (trikarana suddhi). It is not true upasana if you love God merely to achieve your worldly desires. Devotion should be love for love’s sake. The followers of jnana yoga (path of wisdom) should consider the whole universe as manifestation of God. Firm faith that Divinity resides in all beings in the form of Atma is called Jnana. If you wonder how Ekatwa (Oneness) exists with so many different forms, names, different kinds of behaviour, different doctrines, etc., consider the fathomless ocean with infinite waves. Each wave is unique and different from the other in its size and shape, but are all different manifestations of one and the same water, and are also not different from the ocean.
Di dalam Upanishad mengajarkan kita jalan-jalan karma, upasana, dan jnana yoga. Intisari dari karma yoga (jalan perbuatan) adalah melaksanakan semua perbuatan dengan dedikasi sebagai sebuah persembahan kepada Tuhan dan untuk kesenangan Tuhan. Upasana yoga (jalan pemujaan) adalah mencintai Tuhan sepenuh hati dengan keharmonisan dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan (trikarana suddhi). Bukanlah sebuah upasana yang sejati jika engkau mencintai Tuhan hanya dengan tujuan memenuhi keinginan duniawimu. Bhakti seharusnya adalah kasih demi untuk kasih. Para pengikut jnana yoga (jalan kebijaksanaan) seharusnya menganggap seluruh alam semesta sebagai manifestasi dari Tuhan. Keyakinan yang mantap bahwa Tuhan bersemayam di dalam semua makhluk dalam wujud Atma disebut dengan Jnana. Jika engkau ingin tahu bagaimana Ekatwa (kesatuan) ada dengan begitu banyak perbedaan wujud, nama, perbedaan tingkah laku, dsb, lihatlah lautan yang tidak dapat diukur dengan gelombang yang tidak terbatas. Setiap gelombang adalah unik dan berbeda dari gelombang yang lainnya dalam ukuran dan bentuk, namun semua adalah manifestasi berbeda dari satu dan air yang sama, dan juga tidak berbeda dari lautan. (Summer Showers 1990, Ch 16)
-BABA
No comments:
Post a Comment