God is beyond all notions of good and bad, right and wrong. These are only earthly measures by which the temporary objects are weighed and judged. He has no Form, no dualities, no preferences, no prejudices and no predilections. To say that He is Sathyaswaroopa, Jnanaswaroopa or Anandaswaroopa (embodiment of Truth, Wisdom and Bliss) is also not correct. For He has no 'Swaroopa' (Form) or 'Swabhava' (characteristics). He is Sathya (Truth), Jnana (Wisdom) and Ananda (Bliss). That is the experience of those who have tasted Ananda.
Tuhan tidak terpengaruh oleh label baik dan jahat, benar dan salah. Semua embel-embel tersebut hanyalah merupakan barometer duniawi untuk menilai obyek-obyek yang bersifat temporer. Tuhan tak mempunyai wujud, tak mengenal dualisme, tidak ada preferensi, tidak ada prasangka maupun kegemaran tertentu. Sebenarnya ungkapan-ungkapan seperti Sathyaswaroopa, Jnanaswaroopa atau Anandaswaroopa (perwujudan kebenaran, kebijaksanaan dan kebahagiaan) juga tidaklah cocok bila dialamatkan kepada-Nya. Sebab Beliau tak mempunyai Swaroopa (wujud) ataupun Swabhava (karakteristik). Beliau adalah Sathya (kebenaran), Jnana (kebijaksanaan) dan Ananda (Bliss/kebahagiaan) itu sendiri! Inilah pengalaman-pengalaman yang dialami oleh mereka yang sudah pernah merasakan Ananda.
Tuhan tidak terpengaruh oleh label baik dan jahat, benar dan salah. Semua embel-embel tersebut hanyalah merupakan barometer duniawi untuk menilai obyek-obyek yang bersifat temporer. Tuhan tak mempunyai wujud, tak mengenal dualisme, tidak ada preferensi, tidak ada prasangka maupun kegemaran tertentu. Sebenarnya ungkapan-ungkapan seperti Sathyaswaroopa, Jnanaswaroopa atau Anandaswaroopa (perwujudan kebenaran, kebijaksanaan dan kebahagiaan) juga tidaklah cocok bila dialamatkan kepada-Nya. Sebab Beliau tak mempunyai Swaroopa (wujud) ataupun Swabhava (karakteristik). Beliau adalah Sathya (kebenaran), Jnana (kebijaksanaan) dan Ananda (Bliss/kebahagiaan) itu sendiri! Inilah pengalaman-pengalaman yang dialami oleh mereka yang sudah pernah merasakan Ananda.
-BABA
No comments:
Post a Comment