Tuesday, April 10, 2018

Thought for the Day - 8th April 2018 (Sunday)

Take My own instance. I never exult when I am extolled, nor shrink when I am reviled. Few have realised My purpose and significance, but I am not worried. When things that are not in Me are attributed to Me, why should I worry? When things that are in Me are mentioned, why should I exult? "Syeeki Sarvamu yes, yes, yes" (for Sai it is always yes!). If you say, "Yes, you are the Lord," Yes, I am the Lord to you, if you say "No", I too echo the same. I am Anandam, Shantam, Dhairyam (Bliss, Peace and Courage). Take Me as your Atma tatwam (Inner Atmic Reality); you won't be wrong. Resolve from this day to see only the good in others, and to develop the good in yourselves. That is the best sadhana (spiritual endeavour). Nurturing anger and hatred in the heart is like carrying a pot with many holes for bringing water. Discard anger, hate, envy and greed; do it by dwelling always on the Name that summarises and signifies the Glory of God.


Ambillah contoh dari-Ku. Aku tidak pernah bersuka ria ketika Aku dipuji, dan tidak juga menjadi bersedih ketika Aku dicerca. Sedikit yang telah menyadari tujuan-Ku dan signifikansinya, namun Aku tidak merasa cemas. Ketika sifat itu tidak ada pada-Ku dan dihubungkan dengan-Ku, mengapa Aku harus cemas? Ketika kualitas itu ada pada diri-Ku dan disebutkan, mengapa Aku harus bersuka ria? "Sayeeki Sarvamu ya, ya, ya" (untuk Sai adalah selalu ya!). Jika engkau berkata, "Ya, Swami adalah Tuhan," Ya, Aku adalah Tuhan bagimu, jika engkau mengatakan "Tidak", Aku juga memberikan gema yang sama. Aku adalah Anandam, Shantam, Dhairyam (kebahagiaan, kedamaian dan keberanian). Jadikan Aku sebagai Atma tatwam bagimu (kenyataan Atma di dalam batin); engkau tidak akan salah. Putuskan mulai hari ini untuk hanya melihat kebaikan dalam diri yang lain, dan untuk mengembangkan kebaikan di dalam dirimu sendiri. Itu adalah latihan spiritual (sadhana) yang terbaik. Memelihara kemarahan dan kebencian di dalam hati adalah seperti membawa sebuah wadah dengan banyak lubang untuk membawa air di dalamnya. Buang kemarahan, kebencian, iri hati dan ketamakan; lakukan ini dengan selalu menyelam dalam nama yang menandakan dan menyampaikan kemuliaan Tuhan. (Divine Discourse, Mar 30, 1965)

-BABA

No comments: