Sunday, December 22, 2013

Thought for the Day - 22nd December 2013 (Sunday)

Teachers should never curse their pupils, whatever the provocation. They must always bless them. The teacher who swears like a boor, reduces oneself to the level of a boor. They should watch their own behavior rigorously and find out whether there is some habit or trait, which if imitated by the student, will be harmful. They should themselves follow the advice they give. Otherwise, they will be teaching hypocrisy to the little children and encourage them to acquire the cunningness of not being caught when doing wrong. It is sheer mental weakness and cowardice that allows hypocrisy to develop. If you have the courage to face the consequences you will never utter falsehood. The teacher should not try to rule through the easier means of fear, for that is full of dangerous consequences for the pupils. They should try rather the path of Love.

Para guru hendaknya tidak pernah memaki murid-murid mereka, apapun penyebabnya-nya. Mereka harus selalu memberkati mereka. Guru yang memaki dengan kata-kata yang tidak sopan, menurunkan diri mereka sendiri ke tingkat yang kurang sopan. Mereka harus memperhatikan perilaku mereka sendiri dengan teliti dan mencari tahu apakah ada beberapa kebiasaan atau sifat, yang jika ditiru oleh siswa, akan membahayakan siswa. Mereka sendiri harus mengikuti saran yang mereka berikan. Jika tidak, mereka akan mengajar kemunafikan kepada anak-anak kecil dan mendorong mereka untuk belajar berbohong dan tidak disalahkan ketika melakukan kesalahan. Hal ini akan menyebabkan kelemahan mental dan sifat pengecut pada anak-anak karena mengembangkan kemunafikan. Jika engkau memiliki keberanian untuk menghadapi konsekuensi-nya, engkau tidak akan pernah mengucapkan kebohongan. Para guru hendaknya tidak mengajarkan pada siswa untuk menghindari konsekuensi karena apapun yang dilakukan penuh dengan konsekuensi. Mereka hendaknya memilih jalur yang lebih tepat yaitu jalur cinta-kasih. (Divine Discourse, Nov 25, 1959)

-BABA

No comments: