The impressions of the senses, mind, and intelligence have nothing to do
with the Atma (Divine Self), which you really are. The Atma is unaffected by
any subject or object or pleasures. To know the Atma as such an entity,
unaffected and unattached, is the secret of Jnana (Wisdom). This awareness will
guide you in both the outward (Pravritti marga) and inward (Nivritti marga)
paths. This knowledge will not block action but will fill it with purpose and
meaning. It will build up faith, inspire a moral life and take man to the realm
of deliverance along the road of Nishkama Karma, action that is not prompted by
desires. For the achievement of liberation, Jnana is the direct road.
Therefore, it is incomparably sacred. And naturally, it follows that ignorance
is undoubtedly the most despicable. "See the Universal in the particular;
see the particular in the Universal - that is the essence of Jnana,"
declared Krishna in the Geeta.
Pengaruh dari
indera, pikiran, dan kecerdasan tidak ada hubungannya dengan Atma, yang
sesungguhnya adalah engkau. Atma tidak terpengaruh oleh subjek atau objek atau
kesenangan. Untuk mengetahui Atma sebagai suatu kesatuan (entitas), tidak
terpengaruh dan tidak terikat, adalah rahasia Jnana (Kebijaksanaan). Kesadaran
ini akan menuntun-mu pada kedua jalan yaitu jalan eksternal (Pravritti marga) dan jalan
internal (Nivritti marga). Pengetahuan ini tidak akan menghalangi tindakan
tetapi akan mengisinya sesuai dengan kegunaan dan maknanya. Hal ini akan
membangun keyakinan, menginspirasi kehidupan moral, dan membawa seseorang ke
alam pembebasan sepanjang jalan Nishkama Karma, tindakan tanpa ada keinginan
untuk mendapatkan hasil. Jnana adalah jalan langsung untuk mencapai pembebasan.
Oleh karena itu, jalan ini adalah jalan suci yang tiada bandingannya. Dan tentu
saja, maka tidak diragukan lagi bahwa ketidaktahuan/ kebodohan adalah yang
paling hina. "Lihatlah yang Universal pada yang partikular; lihatlah yang
partikular dalam Universal - inilah inti dari Jnana," demikian sabda Sri
Krishna dalam Geeta.
-BABA
No comments:
Post a Comment