There are two kinds of essential reforms (samskara). One is based on the gunas (good qualities) and the other is based on doshas (defects). The first is comparable to watering a fruit-bearing tree, the second is comparable to removing dust from the surface of a mirror. Giving water and manure to a fruit tree in order to get the fruit (of good qualities) may be referred to as the Upasana Khanda (aspect relating to worship). This involves the act of offering pure selfless love to God and thereby seeking Him. To regard our daily work as being related to God is the aspect of Karma Khanda (relating to the path of Karma). The process of removing the impurities from our mind and thereby seeing Atma with the help of Upasana and Karma Khanda is a very essential process. This creates a form for the Atma and gives us bliss of realisation.
Ada dua jenis perbaikan yang mendasar (samskara). Bagian pertama adalah berdasarkan pada guna (sifat-sifat yang baik) dan yang kedua adalah berdasarkan pada dosha (kerusakan). Bagian pertama dapat diibaratkan seperti menyirami pohon yang berbuah, sedangkan bagian kedua adalah menghilangkan sifat-sifat buruk seperti menghilangkan debu dari permukaan cermin. Menyirami dan memupuk pohon yang berbuah dalam upaya untuk mendapatkan buah (sifat-sifat yang baik) dapat disebut sebagai Upasana Khanda (aspek yang berkaitan dengan pemujaan). Hal ini juga berkaitan dengan kegiatan yang mempersembahkan kasih suci yang tanpa pamrih kepada Tuhan dan dengan demikian mencari-Nya. Untuk menganggap kerja harian kita berkaitan dengan Tuhan adalah aspek dari Karma Khanda (berkaitan dengan jalan Karma). Proses dalam menghilangkan ketidaksucian dari pikiran kita dan dengan demikian melihat Atma dengan bantuan dari Upasana dan Karma Khanda adalah sebuah proses yang mendasar. Hal ini menciptakan sebuah bentuk untuk Atma dan memberikan kita kebahagiaan akan pencerahan. (Ch 15, Summer Showers 1978)
-BABA
No comments:
Post a Comment